Asal Mula Esport Termasuk Cabang Olahraga
Asal Mula Esport – singkatan dari electronic sports adalah bentuk kompetisi yang melibatkan pemain bermain permainan video dalam lingkungan kompetitif. Ini mirip dengan olahraga tradisional dalam banyak hal, namun pemain menggunakan kontroler atau keyboard dan mouse untuk berinteraksi dengan permainan.
Point Penting Tentang Esport
Asal Mula Game Esport Masuk Ke Cabang Olahraga
Asal mula game esport masuk ke cabang olahraga merupakan hasil dari perkembangan industri permainan video yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Berikut adalah beberapa titik penting dalam sejarah masuknya esport ke dalam ranah olahraga:
- Perkembangan Permainan Video: Permainan video telah ada sejak beberapa dekade yang lalu, tetapi popularitas dan kompleksitasnya terus berkembang seiring waktu. Game-game seperti Pong (1972), Space Invaders (1978), dan Pac-Man (1980) menjadi fenomena budaya yang besar dan membuka jalan bagi permainan video yang lebih kompleks dan kompetitif.
- Kompetisi Lokal dan Arcade: Seiring munculnya game-game kompetitif, kompetisi informal antara pemain mulai terjadi di lokasi-lokasi seperti arcade dan pusat permainan. Turnamen-turun kecil di tempat-tempat seperti ini memberi pemain kesempatan untuk berkompetisi dan menunjukkan keterampilan mereka.
- Pertumbuhan Kompetisi Organisasi: Pada 1980-an dan 1990-an, komunitas permainan video mulai membentuk organisasi dan federasi untuk mengatur kompetisi yang lebih formal. Contohnya adalah Cyberathlete Professional League (CPL) yang didirikan pada tahun 1997, yang menyelenggarakan turnamen kompetitif untuk berbagai game populer pada saat itu.
- Peran Internet: Penyebaran internet memungkinkan para pemain untuk terhubung dan berkompetisi secara online, membuka pintu bagi kompetisi-kompetisi besar yang melibatkan pemain dari seluruh dunia. Game-game seperti StarCraft, Counter-Strike, dan Warcraft III menjadi sangat populer dalam kompetisi online.
- Munculnya Platform Streaming: Kemunculan platform streaming seperti Twitch memberikan pemain dan penggemar akses yang lebih mudah untuk menonton dan berpartisipasi dalam kompetisi esport. Streaming memungkinkan pertandingan-pertandingan esport untuk disiarkan secara langsung kepada audiens yang besar, yang menghasilkan peningkatan minat dan popularitas esport secara global.
- Pengakuan Resmi: Pada tahun 2017, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengakui esport sebagai “cabang olahraga” dan menyelenggarakan forum untuk membahas perkembangan esport. Sejak itu, beberapa negara dan organisasi olahraga telah memberikan pengakuan resmi kepada esport dan pemain esport sebagai atlet.
Apa Saja Yang Termasuk E-sport
Esport mencakup berbagai jenis permainan video yang kompetitif, dan beberapa di antaranya lebih populer dan umum dalam kompetisi. Berikut adalah beberapa jenis permainan yang sering terlibat dalam esport: