ESPORTS - Kompetisi Game Online Terbesar Di Dunia

ESPORTS – Kompetisi Game Online Terbesar Di Dunia

GAME ESPORT TURNAMEN ESPORT
Bagikan

ESPORTS merupakan sebuah olahraga elektronik, dapat bervariasi tergantung pada perspektif masing-masing individu atau organisasi yang terlibat.

ESPORTS - Kompetisi Game Online Terbesar Di Dunia

Awal Mula ESPORTS

Awal mula esports bisa ditelusuri kembali ke beberapa dekade yang lalu, dengan perkembangan yang bertahap dari kompetisi video game sederhana menjadi industri global yang besar seperti yang kita kenal sekarang. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam sejarah awal esports:

  • Kompetisi Perang Antargalaksi Antargalaksi! Olympics (1972) : Dianggap sebagai salah satu turnamen video game pertama, kompetisi ini diadakan di Universitas Stanford, di mana peserta berlomba untuk mendapatkan skor tertinggi di game Spacewar!.
  • Atari’s Space Invaders Championship (1980) : Ini adalah kompetisi video game berskala besar pertama, menarik lebih dari 10.000 peserta di Amerika Serikat, dan membuktikan bahwa gaming bisa menjadi acara sosial dan kompetitif.
  • Pendirian Twin Galaxies (1981) : Twin Galaxies Didirikan oleh Walter Day sebagai organisasi yang bertujuan untuk melacak rekor dunia untuk video game arcade. Ini juga berfungsi sebagai otoritas bank untuk menentukan aturan dan standar kompetisi video game.
  • Intendo World Championships (1990) : Nintendo mengadakan turnamen di berbagai kota di seluruh AS, di mana peserta berkompetisi dalam game seperti Super Mario Bros., Tetris, dan Rad Racer. Acara ini sangat populer dan membantu memperkuat konsep turnamen gaming.
  • tyle=”vertical-align:herit;”> Cyberathlete Professional League (CPL) Didirikan (1997) : CPL adalah salah satu liga esports profesional pertama, menandai transisi menuju struktur kompetitif yang lebih formal dengan hadiah uang tunai yang signifikan.
  • World Cyber ​​​​​​Games (2000) dan Electronic Sports World Cup (2003) : Peluncuran turnamen-turnamen ini menandai dimulainya era baru dalam esports, dengan kompetisi yang diselenggarakan secara internasional dan menampilkan berbagai judul game.
  • Twitch (2011) : Meskipun bukan bagian dari “awal mula” esports, peluncuran platform streaming Twitch memainkan peran penting dalam pertumbuhan eksponensial industri ini. Twitch memungkinkan penonton untuk menonton turnamen dan pemain favorit mereka secara online, membuka jalan bagi esports menjadi fenomena global.

Turnamen Game Online Yang Disediakan Oleh ESPORTS

Esports mencakup berbagai jenis video game yang bersaing dalam kompetisi dan turnamen profesional di seluruh dunia. Game-game ini bervariasi dari strategi waktu nyata, first-person shooters, game pertarungan, hingga multiplayer online battle arena (MOBA), dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa game online yang populer di arena ESPORTS :

  • League of Legends (LoL) : Sebagai salah satu game MOBA paling populer. LoL menarik jutaan pemain dan penonton untuk kejuaraan dunia tahunannya, yang dikenal sebagai Worlds.
  • Dota 2 : Game MOBA lainnya yang sangat populer, terkenal dengan turnamen tahunannya, The International, yang memiliki salah satu hadiah uang terbesar dalam sejarah esports.
  • Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) : Sebagai first-person shooter (FPS) yang sangat populer. CS:GO mempertandingkan tim-tim dari seluruh dunia dalam berbagai turnamen, termasuk Majors.
  • Overwatch</span> : Game FPS tim dari Blizzard Entertainment ini memiliki liga profesional tersendiri. Overwatch League (OWL), yang mengadopsi model berbasis kota mirip dengan liga olahraga tradisional.
  • Fortnite : Game battle royale ini meledak dalam popularitas dan telah mengadakan berbagai turnamen dengan hadiah uang yang besar, termasuk Fortnite World Cup.
  • PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) : Sebagai salah satu game yang mempopulerkan genre battle royale. PUBG memiliki berbagai kompetisi regional dan internasional.
  • StarCraft II : Game strategi waktu nyata (RTS) ini memiliki sejarah panjang dalam esports. Terutama di Korea Selatan, dengan berbagai turnamen seperti WCS (World Championship Series).
  • Rocket League : Game yang menggabungkan sepak bola dengan mobil ini memiliki komunitas esports yang berkembang dengan turnamen seperti. Seri Kejuaraan Liga Roket (RLCS).
  • Rainbow Six Siege : Game taktis shooter ini telah mengembangkan scene esports yang kuat dengan turnamen seperti Six Invitational.
  • Valorant : Sejak diluncurkan oleh Riot Games pada tahun 2020, FPS taktis ini dengan cepat menumbuhkan scene esports-nya, dengan turnamen seperti Valorant Champions Tour (VCT).

Baca Juga :  Immortals Fenyx Rising – Menapaki Jejak Dewa-Dewi Yunani dalam Dunia Mitologi

Syarat – Syarat Masuk Ke Kejuaraan ESPORTS

Syarat untuk masuk ke kejuaraan esports bervariasi tergantung pada turnamen, permainan, dan penyelenggaranya. Namun, ada beberapa syarat umum dan langkah yang biasanya perlu dipenuhi oleh pemain atau tim yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi esports. Berikut ini adalah beberapa syarat dan kriteria kejuaraan ESPORT :

Syarat - Syarat Masuk Ke Kejuaraan ESPORTS

  • Umur Minimum : Banyak turnamen yang memiliki batasan umur minimum untuk peserta, yang berkisar antara 16 hingga 18 tahun. Meskipun beberapa turnamen mungkin memperbolehkan peserta lebih muda dengan persetujuan orang tua.
  • Pendaftaran Tim Dan Pemain : Peserta biasanya harus mendaftar sebagai tim atau individu sebelum batas waktu yang di tetapkan. Proses ini seringkali melibatkan pengisian formulir online dan pembayaran biaya pendaftaran jika diperlukan.
  • Persyaratan Regional : Beberapa turnamen memiliki persyaratan regional. Peserta mana harus berasal dari negara atau wilayah tertentu untuk kualifikasi mungkin dalam kualifikasi regional.
  • Kualifikasi : Untuk turnamen besar, tim atau pemain mungkin perlu melewati tahapan kualifikasi. Yang bisa berupa turnamen online atau offline, untuk mendapatkan tempat di acara utama.
  • Standar Perilaku : Peserta diharapkan untuk mengikuti standar perilaku tertentu, termasuk berperilaku sopan, tidak menggunakan cheat atau hack, dan mengikuti aturan permainan serta turnamen.
  • Perjanjian Dan Kontrak : pemain atau tim profesional mungkin perlu menandatangani kontrak atau perjanjian dengan penyelenggara turnamen. Yang bisa mencakup ketentuan tentang hak siar, pembagian hadiah, dan kewajiban lainnya.
  • Peringkat Atau Level Minimum : Beberapa turnamen mungkin memerlukan peringkat atau level minimum dalam permainan untuk memastikan bahwa semua peserta memiliki anggota yang setara.
    Persyaratan Teknis : Peserta harus memastikan bahwa mereka memiliki perangkat keras, perangkat lunak, dan koneksi internet yang memenuhi spesifikasi minimum untuk berpartisipasi dalam turnamen, terutama untuk kompetisi online.
  • Visa Dan Perjalanan : Untuk turnamen internasional, pemain dari luar negeri mungkin perlu mengurus visa dan logistik perjalanan. Beberapa organisasi menyediakan dukungan dalam hal ini.

Kesimpulan

  • Diversifikasi Game : Esports mencakup berbagai jenis video game, termasuk. MOBA, FPS, strategi waktu nyata, dan battle royale, masing-masing dengan komunitas dan turnamen uniknya.
  • Pertumbuhan Industri : Dengan adanya investasi dari perusahaan besar, sponsor, dan media, esports telah melihat pertumbuhan ekonomi yang signifikan, menciptakan peluang kerja dalam berbagai bidang seperti. Pemain profesional, pelatih, analis, penyiar, dan banyak lagi.
  • Kompetisi Global : Esports menampilkan turnamen global seperti The International untuk Dota 2 dan. Kejuaraan Dunia untuk League of Legends, menarik tim dan pemain dari seluruh dunia dengan hadiah uang yang besar.
  • Aksesibilitas : Berbeda dengan olahraga tradisional. Esports lebih mudah diakses oleh pemain dan penonton, dengan turnamen yang dapat diikuti atau ditonton secara online dari mana saja.
  • Komunitas Dan Sosial : Esports memperkuat komunitas online dan offline. Menyediakan ruang bagi penggemar untuk berinteraksi, mendukung tim favorit mereka, dan berbagi semangat mereka terhadap gaming.
  • Pengakuan Dan Pendidikan : Esports mulai diakui sebagai bidang kompetitif yang sah. Dengan beberapa universitas yang menawarkan program dan beasiswa khusus esports.
  • Tantangan : Meskipun industri ini berkembang, esports menghadapi tantangan seperti keinginan model bisnis, kesehatan dan kesejahteraan pemain, dan standarisasi regulasi.
  • Masa Depan : Dengan terus berkembangnya teknologi dan peningkatan jumlah penonton. Masa depan esports tampak cerah, dengan potensi lebih lanjut untuk inovasi dan ekspansi global   GAME ESPORT .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *