Mengenal Lebih Dalam Esport Dan Genrenya Yang Resmi Diakui KONI

GAME ESPORT
Bagikan

Mengenal lebih dalam esport  atau olahraga elektronik adalah bentuk kompetisi video game yang secara resmi diakui sebagai bentuk olahraga kompetitif. Ini melibatkan pemain individu atau tim yang bersaing dalam berbagai permainan video populer di platform komputer atau konsol. Kegiatan esports biasanya dipandu oleh aturan tertentu dan seringkali memiliki sistem turnamen dan liga yang terstruktur.

Mengenal-Lebih-Dalam-Esport-Dan-Genrenya

Meskipun ada berbagai genre game yang digunakan dalam esports. Tidak semua genre diakui secara resmi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Beberapa genre yang paling umum dan populer di dunia esports, serta yang diakui secara luas oleh KONI dan organisasi olahraga internasional lainnya, adalah:

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

MOBA-(-Multiplayer-Online-Battle-Arena-)

MOBA, singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena, adalah genre permainan video yang sangat populer dalam industri esports. Genre ini terkenal dengan permainan-permainan seperti Dota 2, League of Legends (LoL), dan Heroes of the Storm.

Dalam permainan MOBA, dua tim yang terdiri dari beberapa pemain bertempur di medan pertempuran virtual. Dengan tujuan menghancurkan struktur musuh sambil mempertahankan struktur tim sendiri. Medan pertempuran biasanya terdiri dari jalur-jalur yang disebut “lanes”. Yang terhubung oleh area berbasis hutan atau hutan yang disebut “jungle”.

Setiap pemain mengendalikan karakter unik, yang disebut “hero” atau “champion”. Dengan kekuatan, kemampuan, dan peran yang berbeda dalam tim. Peran-peran ini sering mencakup “carry” (pembawa), “support” (dukungan), “tank” (pelindung), dan lain-lain. Dengan setiap peran memiliki tanggung jawab yang berbeda dalam strategi tim.

Selama pertempuran, pemain mendapatkan pengalaman dan gold dari membunuh musuh atau unit AI, yang dapat digunakan. Untuk meningkatkan karakter mereka dengan membeli item-item yang memberikan bonus kekuatan atau kemampuan tambahan. Komunikasi dan kerjasama tim sangat penting dalam MOBA, karena strategi tim yang baik sering kali menentukan kemenangan.

Turnamen dan kompetisi esports di MOBA sering menarik ribuan pemain dan penggemar, dengan hadiah uang tunai yang besar dan prestise di industri esports. Liga-liga profesional, seperti Liga Utama Dota (Dota Pro Circuit) dan Liga Utama League of Legends (League of Legends Championship Series). Adalah contoh turnamen terkemuka di dunia MOBA yang menarik perhatian global.

FPS / TPS  (First Person Shooter – Third Person Shooter)

FPS--TPS-(First-Person-Shooter--Third-Person-Shooter

FPS (First Person Shooter) dan TPS (Third Person Shooter) adalah dua genre permainan video yang populer dalam industri game, dan keduanya memiliki peran yang signifikan dalam esports. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

FPS (First Person Shooter):
Dalam permainan FPS, pemain melihat dunia permainan dari sudut pandang orang pertama, dengan pandangan yang berpusat pada senjata atau tangan karakter.
Contoh permainan FPS termasuk Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Call of Duty, dan Overwatch.
Pemain berpartisipasi dalam pertempuran yang cepat dan intens, menggunakan berbagai senjata untuk menyerang musuh dan mencapai tujuan dalam permainan, seperti merebut bendera atau mengamankan area tertentu.
Komunikasi tim, reaksi cepat, dan keterampilan tembak-menembak yang baik sangat penting dalam permainan FPS.

TPS (Third Person Shooter):
Dalam permainan TPS, pemain melihat karakter mereka dari sudut pandang pihak ketiga, dengan karakter terlihat di layar.
Contoh permainan TPS termasuk Fortnite, Gears of War, dan Tom Clancy’s The Division.
Pemain mengendalikan karakter mereka dalam pertempuran, menggunakan senjata dan keterampilan khusus untuk mengalahkan musuh dan mencapai tujuan permainan.
Permainan TPS sering menekankan strategi, penutupan, dan penggunaan lanskap atau struktur lingkungan dalam pertempuran.

Kedua genre ini memiliki komunitas esports yang besar, dengan turnamen dan liga-liga yang berfokus pada permainan FPS dan TPS tertentu. Contohnya adalah turnamen besar seperti Major CS:GO dan Overwatch League untuk FPS, serta kejuaraan Fortnite dan Gears Esports untuk TPS.

Battle Royale

Battle-Royale_11zon

Battle Royale adalah genre permainan video yang mendapatkan popularitas besar dalam beberapa tahun terakhir. Genre ini diilhami oleh novel Jepang “Battle Royale” dan filmnya yang menggambarkan konsep pertempuran bertahan hidup. Di mana sekelompok orang atau pemain ditempatkan dalam area terbatas dan dipaksa untuk saling bertarung hingga hanya satu yang tersisa.

Dalam permainan video Battle Royale, puluhan atau ratusan pemain ditempatkan dalam sebuah peta atau area permainan. Yang semakin mengecil seiring berjalannya waktu. Pemain harus mencari senjata, peralatan, dan sumber daya untuk bertahan hidup. Sambil menghindari atau mengalahkan pemain lainnya.

Tujuan utama dari permainan Battle Royale adalah menjadi yang terakhir bertahan hidup di antara semua pemain. Ini berarti bahwa pemain harus memanfaatkan keterampilan taktis, strategi, dan keterampilan menembak mereka. Untuk bertahan hidup dalam pertempuran yang semakin intens saat area permainan menyusut.

Beberapa contoh permainan Battle Royale yang populer termasuk Fortnite, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Apex Legends, dan Call of Duty: Warzone. Setiap permainan memiliki mekanika dan fitur yang unik, tetapi semuanya mengikuti prinsip dasar pertempuran bertahan hidup dalam lingkungan yang semakin menegangkan.

Selain menjadi populer di kalangan pemain video game genre. Battle Royale juga telah menjadi fenomena besar dalam industri esports, dengan turnamen dan kompetisi besar yang menarik ribuan pemain dan penggemar di seluruh dunia.

Racing dan Sports

Racing-dan-Sports

Racing dan sports adalah dua genre permainan video yang memiliki popularitas yang besar di antara pemain di seluruh dunia. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

Racing:
Racing (atau balapan) adalah genre permainan video yang fokus pada balapan kendaraan, seperti mobil, sepeda motor, atau bahkan sepeda.
Dalam permainan racing, pemain bersaing dalam berbagai jenis balapan, termasuk balapan sirkuit, balapan jalanan, balapan off-road, dan lain-lain.
Permainan racing sering menekankan keterampilan mengemudi yang baik, keterampilan manuver, dan strategi balapan yang cerdas.
Contoh permainan racing termasuk seri Forza Motorsport, Gran Turismo, Mario Kart, Need for Speed, dan banyak lagi.

Sports:
Sports (olahraga) adalah genre permainan video yang mensimulasikan olahraga nyata, seperti sepak bola, basket, tenis, dan lain-lain.
Dalam permainan sports, pemain mengendalikan atlet atau tim olahraga dan berpartisipasi dalam pertandingan, turnamen, atau mode permainan lainnya yang mensimulasikan pengalaman olahraga nyata.
Permainan sports sering menekankan keterampilan atletik, strategi tim, dan pemahaman tentang aturan olahraga yang sesuai.
Contoh permainan sports termasuk seri FIFA (sepak bola), NBA 2K (basket), MLB The Show (bisbol), NHL (hockey), dan banyak lagi.

Baik racing maupun sports memiliki komunitas pemain yang besar, dengan turnamen dan kompetisi di seluruh dunia.

Auto Battler

Auto-Battler (2)

Auto Battler adalah genre permainan video yang muncul sebagai variasi dari permainan strategi waktu nyata (RTS) dan permainan papan. Genre ini menempatkan pemain dalam posisi sebagai pemimpin atau pengatur. Yang mengelola pasukan atau karakter secara otomatis dalam pertempuran melawan pemain lain atau AI.

Dalam permainan Auto Battler, pemain biasanya memiliki kontrol terbatas atas pasukan atau karakter yang mereka miliki. Mereka memilih dan memposisikan unit atau karakter sebelum pertempuran dimulai, dan kemudian pertempuran berlangsung secara otomatis, dengan unit-unit tersebut bergerak dan bertarung sesuai dengan kecerdasan buatan permainan.

Pemain sering kali memiliki kemampuan untuk membeli, menjual, atau meningkatkan unit-unit mereka di antara pertempuran. Dengan tujuan membangun kombinasi pasukan yang kuat dan strategi yang efektif untuk mengalahkan musuh.

Contoh permainan Auto Battler termasuk Dota Underlords, Teamfight Tactics (TFT), dan Hearthstone Battlegrounds. Setiap permainan memiliki mekanika dan fitur yang unik. Tetapi semuanya mengikuti konsep dasar permainan otomatis yang menempatkan penekanan pada strategi dan pengambilan keputusan yang cerdas.

Auto Battler telah menjadi populer di kalangan pemain video game dan memiliki komunitas yang aktif. Dengan turnamen dan kompetisi yang diadakan secara teratur. Beberapa permainan dalam genre ini juga telah mendapatkan popularitas di arena esports. Dengan pemain yang bersaing secara profesional dan memenangkan hadiah uang tunai yang besar.

Baca Juga: Tim Esports – Mengintip Keberhasilan Dalam Arena StarCraft

Kesimpulan

Setiap genre memiliki karakteristik dan mekanika permainan yang unik. Dan mereka semua memiliki komunitas pemain yang kuat dan berdedikasi. Kompetisi esports dalam genre-genre ini sering menarik ribuan pemain dan penggemar. Dengan hadiah uang tunai yang besar dan prestise di industri esports.

Pengakuan resmi dari KONI terhadap esports menunjukkan bahwa industri ini terus berkembang. Dan mendapatkan pengakuan yang semakin luas sebagai bentuk olahraga yang sah dan kompetitif. Dengan dukungan yang terus meningkat dari pemerintah, sponsor, dan penggemar, esports diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang di masa depan. Simak terus pembahasan tentang esports hanya di esportid.games

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *